Tips Cepat Menjual Barang Secara Online Paling Efektif
By PLAY VIDEO

Tips Cepat Menjual Barang Secara Online Paling Efektif

Tips Cepat Menjual Barang Secara Online Paling Efektif

Tips Menjual Barang Secara Online Dengan Cepat - Menjual barang secara Online merupakan salah satu cara paling efektif agar barang yang anda jual cepat laku, jika anda menjual secara online maka barang yang anda jual akan bisa dilihat oleh banyak orang, tapi terkadang banyak orang yang tidak mengerti, bagaimana berjualan secara online yang benar, dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Dengan iming-iming keuntungan yang tinggi, membuat banyak orang tidak memahami bahwa berjualan secara online memiliki persaingan yang sangat tinggi, ditambah lagi banyak orang yang menggunakan cara curang untuk mendapatkan keuntungan semata.

Ditambah kini banyak yang kecewa berbelanja secara online hal ini dikarenakan.

  • Barang Tidak Sesuai
  • Pengiriman Lama
  • Respon Penjual Sangat Lama
  • Harga Tidak Sesuai
  • Biaya Ongkir yang Mahal
  • Barang Rusak
  • Tertipu Penjual Nakal
  • Barang Hilang
  • dll
Dari alasan diatas, membuat berjualan secara online semakin sulit, riset pasar sangat diperlukan agar barang anda cepat laku, dan juga anda harus bisa menjalankan strategi yang tepat .

Cara Cepat Menjual Barang Secara Online

Nah, pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara berjualan online agar penjualan barang meningkat dan mendapatkan keuntungan yang besar.

1. Riset Pasar

Di Indonesia, jutaan orang bertransaksi online setiap harinya, ini berarti pasar Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan, ditambah kini banyak sekali tren-tren baru yang menjadi booming setiap harinya.

Anda bisa melakukan riset dipasaran, apa yang saat ini sedang tren ditengah masyarakat, untuk melakukan nya anda bisa menggunakan beberpa marketplace, seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada ataupun marketplace lainnya.

Tidak menggunakan Marketplace? Bisa, anda bisa melakukan riset, misalkan di lingkungan sekitar, apa yang saat ini tengah di gandrungi oleh kalangan muda, atau bisa juga anda melihat melalui sosial media, seperti tren fashion dan lain-lain.

Baca Juga: Daftar Peluang Bisnis Digital Paling Potensial di Indonesia 2022

2. Melakukan Riset Barang

Jika pada poin pertama anda diharuskan untuk melakukan riset pasar, maka pada poin kedua ini anda diharuskan untuk melakukan riset barang yang akan anda jual.

Anda bisa melakukan dengan melihat apa saja yang dijual di pasar offline (Pasar Konvensional), anda bisa membandingkan apakah barang yang ada di daerah anda banyak dijual di pasar online, dan jangan lupa untuk membandingkan harga antara pasar online dan offline.

Anda juga bisa memnumbuhkan kepercayaan pembeli dengan menjual barang online anda secara offline di kota anda, hal ini agar orang lebih percaya kepada anda.

3. Promosi Media Sosial

Promosi merupakan kekuatan utama dalam berjualan online, jika anda bisa memanfaatkan Internet dengan baik maka bukan tidak mungkin anda akan bisa mencapai kesuksesan dalam berjualan online dengan mudah.

Saat ini yang paling powerfull dalam promosi adalah menggunakan Sosial Media, ada dua media online yang saat ini paling bagus untuk digunakan sebagai keperluan promosi, yaitu Instagram, dan Facebook.

Anda bisa menggunakan kedua sosial media tersebut, dengan cara mengunggah semua katalog produk anda, misalakan pada Instagram, terlebih dahulu anda harus memiliki Follower yang banyak, agar produk anda banyak dilihat orang, atau bisa juga menggunakan jasa Instagram Ads.

Facebook pun sama dengan Instagram, anda diharuskan memiliki sebuah fanspage yang memiliki banyak likers, yang nantinya anda akan menggunakan fanspage tersebut untuk keperluan promosi.

4. Harganya yang Lebih Murah

Dalam berjualan online, biasanya pembeli mencari harga barang yang paling murah, karena hampir 80% Masyarakat di Indonesia, ingin berbelanja Online dikarenakan harga barang yang lebih murah dibandingkan harga yang ada di pasaran.

Anda bisa mencari barang yang sekiranya memiliki harga yang kompetitif, dan bisa dijual lebih murah secara Online.

Baca Juga: Daftar Bisnis Online Paling Menjanjikan di Tahun 2022

5. Memiliki Toko Offline

Walaupun berjualan secara online, anda juga harus memiliki toko secara offline, terlebih lagi jika barang yang anda jual menyangkut kepercayaan, seperti perangkat elektronik.

Tidak perlu menyewa ruko, anda bisa menggunakan rumah anda, dengan melakukan hal ini maka anda akan mendapatkan kepercayaan lebih dari pelanggan anda. 

Cukup lampirkan semua alamat secara jelas, bisa melalui bio di marketplace yang anda gunakan, atau bisa juga di bio akun sosial media anda.

6. Mendeskripsikan Produk Secara Detail

Banyak dari penjual online yang tidak memperhatikan masalah yang paling kecil, salah satunya adalah deskripsi produk.

Kebanyak dari mereka penjual yang tidak mau repot, malas untuk memberikan deskripsi produk secara lengkap, padahal memberi penjelasan secara lengkap tentang produk yang anda jual bisa meningkatkan kepercayaan pembeli kepada anda.

Mendeskripsikan produk secara lengkap juga berguna agar anda tidak perlu susah payah untuk membalas semua pesan yang masuk mengenai pertanyaan pembeli dikarenakan deskripsi produk yang kurang jelas.

Salah satu contoh jika anda menjual baju, maka anda harus menjelaskan baju tersebut mungkin bisa dari bahan nya, anda jelaskan secara jelas.

7. Respon Cepat

Salah satu faktor kepuasan pembeli adalah cepatnya respon anda terhadap pertanyaan pembeli, anda harus bisa melayani pembeli anda dengan baik, agar pembeli tidak kesal karena lama nya respon anda.

Selain itu, anda juga harus sabar dalam menanggapi setiap pertanyaan pembeli yang dirasa tidak masuk akal, hal ini bertujuan untuk menjaga reputasi toko online anda.

8. Memberikan Bonus

Sudah mendapatkan margin keuntungan yang besar? Maka tidak ada salah nya anda memberikan bonus beberapa kali untuk pembeli anda, Namun ingat dalam pemberian bonus, dimana biayanya berasal dari 20 % keuntungan bersih yang anda terima. Sehingga anda benar-benar mempertimbangkan bonus apa yang diberikan kepada pelanggan setia anda.

Untuk memberikan bonus anda harus memberikan secara terbatas, hal ini agar anda juga tidak mengalami kerugian.

Tidak hanya bonus, anda juga bisa memberikan diskon yang bisa membuat para pembeli tertarik untuk belanja kepada anda.

Download Wallpaper