Memaknai Sumpah Pemuda Dari Sektor Kewirausahaan
By PLAY VIDEO

Memaknai Sumpah Pemuda Dari Sektor Kewirausahaan

 

Berikan aku sepuluh pemuda maka akan ku guncang dunia, kata-kata ini menjadi favorite dalam membakar semangat yang digunakan para orator di atas podium, kata-kata pembakar semangat yang keluar dari mulut sang proklamator tersebut abadi hingga saat ini. ucapan yang sarat akan makna dan harapan pada pemuda termuat dalam ucapan tersebut, sering terucap di podium tetapi telinga tidak kenyang mendengarnya, seperti haus akan lontaran kat-kata ini. Sumpah pemuda, suatu janji yang telah disetujui oleh pemuda-pumudi diseluruh nusantara, berkumpulnya para pemuda dari lintas daerah bersatu dalam kongres pemuda yang dikenal dengan kongres kedua melahirkan suatu sumpah dari tulisan Muhammad yamin istilah itu kita sebut dengan “sumpah pemuda” hal itu terjadi sebelum sematan kata merdeka didapatkan oleh para pahlawan Negara ini.

Saat ini dibulan yang sama. Indonesia kembali mengumpulkan pemuda yang dikemas dalam suatu perkumpulan disebut dengan nama Jambore kebangsaan dan wirausaha dengan mengusung tema bersatu, kreatif memajukan ekonomi Indonesia   yang dibuka langsung oleh kemeterian dalam negeri pada  24-29 oktober 2017 yang diselenggarakan di bumi perkemahan mandalawangi cibodas jawa barat.Tidak tanggung tanggung jambore kali ini diselenggarakan oleh 16 organisasi kepemudaan yang di klaim sebagai pertemuan terbesar sepanjang sejarah Indonesia yang melibatkan pemuda.  Kegiatan-kegiatan bertajuk pemuda memang begitu banyak yang telah terlaksana, contohnya saja kegiatan yang dilakukan di jawa barat ini. tentunya sebagai pemuda peranan pentingnya dalam membantu memajukan Negara ini sangat dibutuhkan, mulai dari dukungan kepada pemerintah dan juga kemampuan pemuda untuk lebih mandiri. Kegiatan seperti ini mestinya mampu untuk meminimalisir perpecahan antar potensi yang dimiliki oleh Negara ini. tidak ada lagi pembedaan antar ras, suku maupun agama. Kita kembali lagi ke Indonesia yang berkomposisikan banyak suku,  beragam budaya dan juga tidak hannya satu aliran kepercayaan yang dianut. dan inilah komposisi yang dimiliki oleh Indonesia, yang telah dirajut dalam istilah bhinneka tunggal ika.

28 oktober yang merupakan hari peringatan sumpah pemuda perlu di kenang, direnungkan dan diimplementasikan maknanya oleh pemuda masa kini. Ditengah perkembangan arus globalisasi, pengaruh signifikan dari teknologi informasi yang sangat erat kaitannya terhadap perkembangan media sosial yang memiliki aneka dampak tidak terkecuali negative seperti layanan prostitusi online, penyebaran hoax menjadi suatu masalah yang harus dicegah secara bersama sama oleh pemerintah bersama dengan masyarakat dalam hal ini adalah pemuda. Supaya dampak positif dari perkembangan tekhnologi tersebut dapat dimaksimalkan. Apa yang dilaksanakan oleh pemuda di cibodas selama 4 hari ini harusnya mempunyai suatu dampak yang kuat, pesera yang terlibat harusnya menjadi pioner perubahan kemajuan berbasis kewirausaahaan sebagaimana yang menjadi tema dalam jamboree kali ini.  supaya memiliki dampak yang menjadikan Negara ini maju dari sektor kewirausaahan. Jika Dilihat dari persentase Negara maju di dunia Adapun Negara maju saat ini adalah Negara yang tinggi populasi rasio pengusahanya, seperti amerika yang rasio wirausahanya mencapai angka 10%, jepang 11%, Negara tetangga Indonesia singapura mencapai tingkat wirausaha 7% sementara Indonesia hannya berada di 0,24%. Sementara sector wirausaha merupakan salah satu kunci utama yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakyat. Padahal tingginya tingkat konsumsi di Negara ini sangat memungkinkan suburnya perusahaan untuk berkembang pesat dan juga didukung oleh banyaknya sumberdaya alam yang dapat dikelola.

Pada  tahun 2017 ini bersamaan dengan kegiatan kepemudaan yang terselenggara merupakan kesempatan bagi pemerintah untuk menebarkan virus entrepreneurship. Hal ini harus dimanfaatkan secara maksimal untuk dapat menggerakkan supaya anak-anak muda berani untuk berusaha sebab hal ini akan lebih potensial dan berpengaruh terhadap kemajuan unsur-unsur Negara secara keseluruhan seperti wilayah dan masyarakyat. Fungsi pemerintah saat ini adalah harus mampu mencetak pengusaha-pengusaha muda yang kreatif, apalagi ditahun 2045 indonesia akan mengalami bonus demografi jika pengusaha di Indonesia hingga tahun tersebut tidak meningkat maka Negara ini akan kehilangan momentum dalam memanfaatkan bonus demografi tersebut.



  Saat ini prinsip yang masih tertanam adalah pendidikan merupakan suatu alat dan cara untuk mengentaskan kemiskinan, tidaklah sesuatu hal yang salah karena pada dasarnya tujuan pendidikan adalah untuk mendapatkan ilmu . tetapi jika kita mengingat pelajaran ekonomi megatakan bahwa ada yang disebut dengan tenaga kerja terlatih, tenaga kerja terdidik. Memberikan suatu gambaran  untuk menjadi pengusaha lebih cenderung berasal dari tenaga kerja yang terlatih. Dan mereka mestinya harus diberikan pelatihan.Sehingga volume pelatihan kewirausahaan yang cukup akan mengarah terhadap terbinanya banyak kalangan untuk mengambil peran sebagai pengusaha terutama dari sektor industri kreatif.

 Pemaknaan industri kreatif bukanlah hannya sebatas music, kesenian, dan kerajinan tangan. Tetapi industri  kreatif adalah suatu cara dalam menjalankan usaha dengan menanamkan ide-ide kreatif terhadap suatu wujud barang ataupun benda. Seperti halnya pemberian nilai tambah akan suatu produk maupun pemberian suatu perlakuan terhadap suatu jenis produk yang ada supaya lebih bernilai. Dan jika dapat ditawarkan sebaiknya pelatihan dilakukan berbasis minat ataupun hobi dari pemuda yang harusnya sebagai sasaran dari kewirausahaan ini. Begitu juga dengan hobi,  setiap individu memiliki hobi pribadi. Sehingga perlu untuk difasilitasi. sebab Usaha yang didorong oleh hobi ini menurut pakar entrepreneurship mengatakan, akan lebih maksimal jika menggeluti usaha yang sesuai dengan hobinya.  karena seseorang pengusaha akan lebih tertarik dalam teknis pelaksanaannya  jika usahanya sesuai dengan hobi yang dimilikinya. Contohnya adalah jika seseorang  hobinya adalah memasak, maka ada baiknya dia mendirikan rumah makan, jika hobinya adalah melakukan modifikasi motor dan mobil maka ada baiknya dia membuka bengkel otomotif, karena akan lebih terarah. Begitu juga dengan hobi yang lainnya sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan sederhana bahwa usaha seharusnya linear dengan hobi.

Sumpah pemuda telah berusia 89 Tahun, pemuda saat ini memiliki jaman yang berbeda untuk mengahadapi masanya, dunia semakin cepat berubah. Perubahan sosial menjadi tantangan oleh warga Negara.Suatu kemunduran berpikir tentunya jika hannya berorientasi kepada perbedaan tanpa mengacu pada kemajuan. Era baru sudah disusuri, masa lalau biar jadi kenangan dalam tulisan sejarah. Pemuda bersatu adalah suatu bukti kekuatan penuh bangsa ini untuk mendukung pembangunan berbasis kewirausahaan. Peringatan sumpah pemuda dapat dimaknai dari berbagai bentuk dan direalisakan dalam beberapa wujud. Tidak lagi mendengungkan putra/I yang ber tanah air yang satu karena itu sudah sebuah kepastian, bukan juga  tentang penyatuan kebangsaan karena kita adalah bangsa Indonesia, apalagi mengenai bahasa karena itu adalah keharusan. Sehingga pemuda sudah bergerak dan berorientasi terhadap kemajuan bangsa dengan cara ambil peran masing-masing. Jika masih muda, maka bersifatlah muda, citra muda identik dengan energik. masa muda yang baik akan berpengaruh baik kepada masa tua yang bahagia. pertarungan dilakukan sejak masa muda, sebab disinilah masa-masa dimana membangun jembatan kesuksesan untuk menjalani masa tua yang sejahtera.
 
Pemuda Indonesia, saat ini memiliki banyak tantangan, tetapi mestinya hal itu tidak perlu dianggap sebagai hambatan. Ekonomi regional yang dikenal dengan MEA bukan lah tantangan melainkan sebuah peluang untuk memperluas pasar yang akan di sasar oleh pemuda Indonesia, bangsa Indonesia terlalu lama dipendam dengan mengatakan sumber daya manusia yang masih rendah, saat ini stigma tersebut harus dirubah, sebab pemuda Indonesia merupakan ekspekstasi untuk menjadikan Negara ini semakin berdaya saing. Peringatan sumpah pemuda adalah momentum perubahan untuk maju dari segala bidang terutama sektor kewirausaahan. Jambore kebangsaan yang digelar di cibodas jawa barat oleh pemuda menjadi tumpuan harapan untuk menumbuhkan minat dan bakat kewirausaahaan. Saat ini pemuda tidak lagi memikirkan strategi untuk menang melawan penjajah, melainkan memikirkan memikirkan strategi supaya produk diterima oleh pasar dan mampu merajai pasar.

Penulis Adalah Mahasiswa Fisipol UNJA Jurusan Ilmu Pemerintahan

Download Wallpaper